Paus Emeritus Benediktus XVI Jenguk Saudaranya yang Sakit di Jerman

Paus Emeritus Benediktus XVI meninggalkan keheningan biara Mater Ecclesiae di Vatikan untuk kunjungan ke Jerman. Hal ini dilakukannya untuk menjenguk saudaranya, Mgr. Georg Ratzinger.

Mgr. Georg Ratzinger saat ini berusia 96 tahun dan kesehatannya tidak cukup baik.

Paus Emeritus Benediktus XVI melakukan perjalanan Kamis pagi disertai oleh sekretaris pribadinya Uskup Agung Georg Gänswein, dokter dan perawatnya, seorang kolaborator dari komunitas Memores Domini, dan wakil komandan pasukan keamanan Vatikan.

Sebuah pernyataan dari Keuskupan Regensburg mengindikasikan bahwa Benediktus tiba pada pukul 11:45 waktu Munich.

Paus Emeritus Benediktus disambut oleh Uskup Rudolf Voderholzer, yang menemaninya ke Regensberg, di mana dia akan tinggal di seminari keuskupan.

Pernyataan dari keuskupan itu meminta umat beriman untuk menghormati keinginan kedua saudara itu, yang meminta agar “pertemuan yang sangat pribadi tetap pribadi.”

Karenanya tidak ada penampilan publik yang diantisipasi.

Menurut Matteo Bruni, Direktur Kantor Pers Takhta Suci, Paus Emeritus Benediktus akan tetap di Jerman selama diperlukan.

Baca juga: Gereja Katolik di Filipina Tetap Selenggarakan Ekaristi di Tengah Banjir

Awal Kehidupan Menjadi Imam

Kedua Ratzinger bersaudara ini selalu sangat dekat.

Saudara yang terpaut usia 3 tahun ini juga ditahbiskan sebagai imam pada hari yang sama yaitu 29 Juni 1951 di Katedral Freising.

Keadaan kehidupan telah membawa mereka ke arah yang berbeda: Georg, seorang musisi yang brilian, dan Joseph seorang teolog terkemuka.

Keduanya saling dekat, terutama ketika adiknya terpilih menjadi paus. Hal ini dibuktikan dengan berbagai kunjungan yang telah dilakukan Mgr. Georg Ratzinger ke Vatikan antara tahun 2005 dan 2013.

Pada 2008, kota Castel Gandolfo di Italia menawarkan kewarganegaraan kehormatan kepada Mgr. Georg Ratzinger. Kemudian Benediktus XVI mengekspresikan dirinya dengan kata-kata ini: “Sejak awal hidupku, saudara lelakiku selalu menjadi bagian diriku, tidak hanya seorang teman, tetapi juga seorang pemandu yang dapat dipercaya. Bagi saya dia telah menjadi titik orientasi dan referensi dengan kejelasan dan keputusannya.”

Pernyataan Paus menunjukkan kasih sayang yang besar untuk saudaranya.

Sebelum Paus Benediktus menjenguk saudaranya di Jerman, sejumlah media di Italia melaporkan bahwa Paus Fransiskus telah bertemu dengannya di Biara Mater Ecclesia di Taman Vatikan, tempat paus emeritus itu tinggal.

Keuskupan Regensburg mengatakan, “Paus Emeritus membuat keputusan untuk menjenguk saudaranya di Jerman segera setelah berkonsultasi dengan Paus Fransikus.”

Mari kita doakan dua bersaudara ini agar diberi kesehatan dan umur yang panjang. Semoga dengan Paus Benediktus menjenguk saudaranya di Jerman akan memberikan kekuatan bagi Mgr. Georg Ratzinger.

Sumber dikutip dari VATICANNEWS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error

Mau mendapat konten terbaru dari kami?